February 21, 2015

Kabupaten Ketapang

Tugu Tolak Bala Ketapang

Kabupaten Ketapang adalah suatu daerah terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Ketapang, sebuah kota kecil yang terletak di tepian Sungai Pawan. Meskipun terbilang daerah berkembang, Kabupaten Ketapang merupakan daerah terluas dibandingkan dengan daerah lain di Kalimantan Barat.

Kabupaten Ketapang memiliki garis pantai yang memanjang dari selatan ke utara dan sebagian pantai yang merupakan muara sungai, berupa rawa-rawa terbentang mulai dari Kecamatan Teluk Batang, Simpang Hilir, Sukadana, Matan Hilir Utara, Matan Hilir Selatan, Kendawangan dan Pulau Maya Karimata. Sedangkan daerah hulu umumnya berupa daratan yang berbukit-bukit dan diantaranya masih merupakan hutan.

Sungai terpanjang di Kabupaten Ketapang adalah Sungai Pawan yang menghubungkan Kota Ketapang dengan Kecamatan Sandai, Nanga Tayap dan Sungai Laur serta merupakan urat nadi penghubung kegiatan ekonomi masyarakat dari desa dengan kecamatan dan kabupaten.

Kota Ketapang adalah kota yang multi suku dan etnis, yaitu Suku Dayak dan Melayu serta Tionghua yang merupakan tiga suku terbesar di kota ini. Selain itu juga ada suku Jawa dan Madura yang notabene sebagai pendatang. Orang Tionghua di Kota Ketapang menggunakan dialek Tiochiu atau Chaozhou dalam ejaan Mandarin. Terdapat pula sebagian kecil orang Tionghua yang menggunakan bahasa Khek (Hakka).

Kabupaten Ketapang sendiri memiliki potensi wisata alam yang menakjubkan. Terdapat banyak pantai yang tersebar di garis pantai Kabupaten Ketapang, antara lain Pantai Sungai Jawi (10 km ke Selatan), Pantai Tanjung Batu (30 km ke Selatan), Pantai Pagar Mentimun (45 km ke Selatan), Pantai Air Mata Permai (13 km ke Utara) dan Pantai Tanjung Belandang (15 km ke Utara). Tugu Ale-ale, Tugu Tolak Bala, dan Keraton Mulia Kerta.


Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment