February 23, 2015

Jalan Rusak Penghambat Ekonomi

jalan rusak di kalimantan barat penghalang ekonomi

Jalan rusak masih menjadi masalah klasik yang belum terselesaikan hingga detik ini di Kalimantan Barat. Dari berbagai daerah di Kalimantan Barat masih menghadapi terjalnya jalur darat yang harus dilintasi. Keadaan ini seakan sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat Kalimantan Barat khususnya daerah lapis kedua.

Sebagai contoh jalan dari Ketapang menuju Kecamatan Hulu Sungai (satu kabupaten) masih sulit untuk ditempuh. Jalan berbatu licin dan tanah menjadi hadangan utama. Apalagi jika dilalui saat musim penghujan akan semakin parah, bahkan terputuh karena banjir.
 
Jalan merupakan sarana fital bagi pergerakan ekonomi warga. Tapi hal ini seakan sulit didapat oleh warga dan seolah terjadi pembiaran selama berpuluh-puluh tahun silam. Dari kekuasaan pemimpin baru ke pemimpin yang lain, masalah ini tetap belum bisa terselesaikan secara cepat.

Apabila ingin terjadi perkembangan di daerah, perbaikan infrastruktur jalan menjadi prioritas utama karena menjadi sarana penggerak ekonomi rakyat yang paling pokok. Jika jalan baik jalan lintas propinsi-kabupaten-kota hingga daerah terendah jalan lintas desa dapat dirasakan mulusnya seperti jalan-jalan di Jawa, niscaya perkembangan pesat akan terjadi di daerah pedalaman sekalipun.


Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment