January 10, 2012

Tempoyak

Tempoyak

Apakah Anda tahu tentang apa itu Tempoyak ? Atau bahkan Anda sama sekali tabu dengan kata Tempoyak itu ? Memang hanya kalangan tertentu atau suku tertentu saja yang tahu dengan Tempoyak. Sekarang saya akan membagi artikel tentang apa itu tempoyak, untuk menambah wawasan kita.

Tempoyak adalah makanan dengan bahan dasar dari buah durian yang difermentasi. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Awalnya pisahkan kulit durian dari bijinya, kemudian tambahkan garam secukupnya. Adukan hingga merata, kemudian simpan ditempat yang rapat dengan suhu kamar. Fungsi garam adalah sebagai zat fermentasi dan juga sebagai pengurang rasa manis dari durian agar mendapat rasa yang gurih.

Tempoyak merupakan bahan masakan yang biasanya dimasak menjadi sambal goreng atau campuran sayur. Tempoyak juga dapat dimakan langsung tanpa diolah lebih lanjut, tetapi hal ini jarang sekali penikmatnya, karena keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri membuat perut merasa tidak nyaman. Tetapi ini juga tergantung dengan pribadi bagaimana cara menikmati Tempoyak. Kalau saya suka Tempoyak dengan diolah menjadi sambal goreng tempoyak dan campuran sayur ikan patin pedas...hhhhmm jadi laparr :D

Daerah yang menjadikan Tempoyak sebagai bahan makanan harian adalah daerah Kalimantan, Sumatra dan Etnis Melayu. Di tempatku (Pontianak) khususnya di Suku Dayak, Tempoyak masih menjadi makanan tradisional andalan. 


Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment