March 29, 2015

Cikram Adat Budaya Pernikahan Melayu Sambas

Pertunangan Melayu Sambas

Perkawinan setiap daerah mempunyai ciri khas dan adat tersindiri. Banyak kriteria dan arutan yang harus dilaksanakan dalam menggelar suatu acara pernikahan.

Cikram merupakan tanda ikatan pertunangan Suku Melayu Sambas, Kalimantan Barat. Apabila sudah ada gadis pilihan untuk disunting, maka di utuslah orang-orang yang dituakan atau orang-orang tua untuk datang ke pihak mempelai perempuan pilihannya tersebut. Menurut adat istiadat, dalam kedatangan wakil dari pihak laki-laki, ada barang-barang yang perlu dibawa, antara lain sirih, pinang, kapur, gambir dan tembakau dalam satu ceper atau talam. Sehelai sarung, selendang, sabun dan bedak sebagai bahan pengiring, dan bahan-bahan tersebut diberikan kepada pihak orang tua perempuan.

Barang-barang tersebut belum diserahkan dan terlebih dahulu dimulai dengan acara pelamaran. Dalam acara pelamaran ini, bermaksud kedatangan pihak laki-laki ini dikiaskan dengan pantun dan sajak. Apabila pantun dan sajak itu dijawab dengan baik oleh pihak perempuan, maka pihak laki-laki menyerahkan barang bawaan berupa sirih, pinang, kapur, gambir dan tembakau.

Setelah penyerahan barang bawaan berupa sirih, pinang, kapur, gambir dan tembakau ini, wakil dari pihak perempuan membalas pemberian sirih, pinang tersebut dengan tidak ketinggalan sirih, pinang serta sarung dan songkok sebagai tambahan. Hal ini merupakan pertanda bahwa telah ada persetujuan mengenai ikatan kedua insan tersebut.


Artikel Terkait:



2 comments:

ibu sari said...

Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan KI.RIDWAN ABDULLAH dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebesar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang singkat ini biar semua orang tau kalau KI RIDWAN ABDULLAH bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no +62812-9483-0091 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya KI dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman AKI untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sari dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka situsnya di http//Ritualkiridwan.blogspot.com

dfdfd said...

Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography.
Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.
Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)

Post a Comment