February 22, 2015

Kabupaten Mempawah

Istana Amantubillah Mempawah

Pada mulanya nama Kabupaten Mempawah ialah Kabupaten Pontianak. Berdasarkan inspirasi dari masyarakat daerah Mempawah untuk mengubah nama kabupatennya, maka diusulkan perubahan nama pada tahun 2011. Mengingat nama Kabupaten Pontianak sangat mirip dengan Kota Pontianak yang selama ini selalu terjadi kesalahpahaman mengenai nama daerah.

Berdasarkan pemekaran dua kabupaten, yaitu Kabupaten Landak dan Kabupaten Kubu Raya yang menggunakan nama daerahnya. Serta didasari dengan nama kerajaan yang berkuasa di Mempawah yang menggunakan nama Mempawah sebagi nama kerajaannya. Nama Kabupaten Pontianak berubah menjadi Kabupaten Mempawah sesuai dengan PP Nomor 58 tahun 2014 tanggal 21 Juli 2014.
 
Kabupaten Mempawah beribukota Kota Mempawah yang berjuluk Kota Bestari atau Bumi Galaherang. Karakteristik wilayah Kabupaten Mempawah terdiri dari daerah daratan dan pulau-pulau pesisir yang memiliki lautan. Batas-batas dari Kabupaten Mempawah, Kabupaten Bengkayang (utara), Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak (selatan), Laut Natuna (barat), serta Kabupaten Landak (timur).

Kabupaten Mempawah memiliki beberapa ikon wisata yang menjadi unggulan. Istana Amantubillah, Sebukit Rama, Wisata Nusantara, Pantai Ancol, dan Festival Budaya Robo-Robo.


Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment