February 26, 2015

Kabupaten Bengkayang

Tugu Simpang Jalan Guna Baru Trans Rangkang - Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang


Kabupaten Bengkayang terletak di bagian barat Provinsi Kalimantan Barat, beribukota di Bengkayang. Kabupaten Bengkayang merupakan hasil pemekaran daerah Kabupaten Sambas. Kabupaten berjuluk Bumi Sebalo ini memiliki luas daerah sekitar 5.396,30 km2 dengan populasi jiwa lebih dari 214.785 jiwa.

Kata Bengkayang dalam Bahasa Tionghoa, La La yang berarti jauh, awalnya Bengkayang merupakan sebuah desa bagian wilayah Sambas, desa Bengkayang merupakan tempat singgah pada pedagang dan penambang emas. Asal nama Bengkayang diambil dari nama sungai kecil yang dikenal dengan nama sungai bengkayang yang mengalir dan berujung ke sungai sebalo (di pinggi Pasar Teratai Bengkayang).

Kabupaten Bengkayang mempunyai tifografi alam yang unik, yaitu mempunyai derah pantai dan daerah perbukitan. Dengan tifografi unik ini, Kabupaten Bengkayang memiliki banyak potensi wisata alam. 

Air Terjun Merasap, Air Terjun Berawan't, Air Terjun Seraung, Danau Taipi, Riam Pelayo, Riam Susok merupakan daerah wisata alam andalan yang wajib dikunjungi di Kabupaten Bengkayang. Festival Naik Dango, dan Festival Nyubeng merupakan wisata budaya yang ada di Kabupaten Bengkayang.


Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment