February 27, 2015

Kabupaten Sekadau

kantor bupati kabupaten sekadau


Kabupaten Sekadau merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Bara, beribukota di Sekaudau berdiri sejak 2003 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Sanggau. Kabupaten yang memiliki luas daerah  544.430 hektar ini dihuni oleh lebih dari 181.634 jiwa.

Nama Sekadau diambil dari sejenis pohon yang banyak tumbuh di muara Sungai Sekadau. Penduduk setempat menamakannya Batang Adau. Asal mula penduduk Sekadau adalah pecahan rombongan Dara Nante yang di bawah pimpinan Singa Patih Bardat dan Patih Bangi yang meneruskan perjalanan ke hulu sungai Kapuas. Rombongan Singa Patih Bardat menurunkan suku Kematu, Benawas, Sekadau dan Melawang. Sedangkan rombongan Patih Bangi adalah leluhur suku Dayak Melawang yang menurunkan raja-raja Sekadau.
 
Kabupaten Sekadau terdiri dari tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Nanga Mahab, Kecamatan Nanga Taman, Kecamatan Sekadau Hulu, Kecamatan Sekadau Hilir, Kecamatan Belitang Hilir, Kecamatan Belitang (kecamantan terkecil), dan Kecamatan Belitang Hulu (kecamatan terbesar).

Wilayah Kabupaten Sekadau berbatasan langsung dengan Kabupaten Sintang (utara dan timur), Kabupaten Ketapang (selatan), dan Kabupaten Sanggau (barat).

Potensi wisata di Kabupaten Sekadau antara lain, Danau Engkaluk Merapi, Air Terjun Entugun, Air Terjun Semirah Merambang, Rumah Panjang Sungai Antu, Batu bertulis, Wisata Batu Nuak, dan Makam Bukong.



Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment