February 24, 2015

Kabupaten Sintang

tugu adipura simpang lima sintang

Kabupaten Sintang adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Barat. Beribu kota di Kota Sintang, Kabupaten ini dihuni oleh 364.759 jiwa dengan mayoritas penduduk dari Suku Dayak dan Melayu. Kabupaten Sintang terus berbenah dan menjadi daerah berkembang cukup pesat di Kalimantan Barat.

Kabupaten Sintang terdiri dari 14 kecamatan, 6 kelurahan dan 183 desa. Kecamatan terluas adalah Kecamatan Ambalau dengan luas 29,52% dari total luas wilayah Kabupaten Sintang. Secara umum Kabupaten Sintang luasnya hampir menyamai luas Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten Sintang berbatasan langsung dengan Serawak-Malaysia dan Kabupaten Kapuas Hulu (utara), Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sekadau (barat), Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Kapuas Hulu (timur), dan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Melawi (selatan).

Sebagian besar wilayah Kabupaten Sintang berkontur perbukitan dengan luas sekitar 22.392 km2 atau sekitar 69,37% dari luas Kabupaten Sintang (32.279 km2. Potensi wisata di Kabupaten Sintang antara lain Bukit Kelam, Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya, Taman Wisata Alam Baning, Istana Al Mukarrammah, dan Komplek Makam-Makam Raja Sintang.


Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment