March 6, 2015

Cap Gomeh Wisata Tahunan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Amoy di cap gomeh singkawang menarik perhatian

Cap Go Meh melambangkan hari ke 15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi warga Tionghoa di seluruh dunia. Perayaan ini dirayakan dengan jamuan besar dan berbagai kegiatan, seperti festival lampion, tarian naga, dan identik dengan warna merah atau emas.
 
Salah satu daerah yang rutin mengadakan acara Festival Cap Gomeh ialah Singkawang. Perayaan ini selalu mendatangkan ribuan pengunjung ke Kota Singkawang, baik dari warga lokal maupun luar daerah bahkan hingga turis mancanegara.

Perayaan Cah Gomeh di Singkawang merupakan perayaan terbesar di Kalimantan Barat, dengan menampilkan berbagai atraksi dari lintas budaya. Tatung menjadi sosok sentral dalam acara ini. Biasanya akan diikuti oleh puluhan Tatung atau lebih. Kebudayaan dari Suku Dayak juga turut tampil dalam setiap perayaan Cap Gomeh. Nuansa harmonis dan satu sangat terasa disetiap perayaan ini. Acara lain dalam perayaan Cap Gomeh yang tidak kalah menarik ialah tarian naga barongsai atau liong. Terkadang festival lampion dan melepas ribuan burung juga ditampilkan.

Dengan segala keunikan dan keberagaman acara yang sangat menarik, tidak salah jika perayaan Cap Gomeh menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kalimantan Barat, khususnya Singkawang yang wajib dikunjungi setiap tahunnya. Perayaan Cap Gomeh mendatangkan banyak wisatawan dan tentu menjadi salah satu penyumbang devisa daerah dari sektor pariwisata.


Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment