March 3, 2015

Melihat Pesona Alam Taman Nasional Betung Kerihun


aliran sungai di Taman Nasional Betung Kerihun yang jernih dan bening


Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) merupakan kawasan konservasi terluas di Propinsi Kalimantan Barat. Taman nasional ini terletak di Kabupaten Kapuas Hulu dengan luas total area sekitar 800.000 hektar. Topografi berbukit dan bergunung-gunung serta hamparan ratusan aliran sungai-sungai berkarakteristik. Juga terdapat potensi keanekaragaman hayatinya yang luar biasa di TNBK.
 
Karena keunikan bentang alam dan tingginya keanekaragaman hayati, TNBK memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik dan penuh tantangan. TNBK terbagi atas empat daerah aliran sungai (DAS), yaitu Embaloh, Sibau, Mendalam, dan Kapuas.

DAS Embaloh merupakan kawasan paling barat dari TNBK, sangat cocok bagi anda para pemerhati tumbuhan dan satwa endemik Kalimantan seperti Orangutan dan burung-burung Enggang/Rangkong serta tanaman-tanaman obat dan hias yang beraneka ragam. DAS Sibau adalah salah satu pintu masuk terdekat menuju kawasan TNBK. Ditempuh tidak lebih dari 2 jam dari kota Putussibau, Anda akan langsung menikmati indahnya hutan hujan tropis Borneo. DAS Mendalam terletak di bagian tengah dari kawasan TNBK. Topografi di wilayah ini cenderung berbukit-bukit dan curam dengan riam yang cukup berbahaya. DAS Kapuas merupakan aliran dari Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia sudah sangat terkenal akan keeksotisannya. Daerah ini sangat kaya dengan wisata petualangan dan olahraga air. Dengan medan air tersulit diantara pintu masuk lainnya, kawasan Kapuas merupakan surga bagi penggemar olahraga air yang ekstrim.

Untuk menuju lokasi TNBK dapat melalui Putussibau yang berjarak 600km dari Kota Pontianak. Jalur kedua melalui Entikong yang terlebih dahulu melalui Kota Sintang. Akses jalan dapat melalui jalur udara maupun jalur darat. Jika menggunakan jalur darat, perjalanan memakan waktu sekitar 12-15 jam.

Biaya masuk ke area TNBK beragam mulai dari 1.500-15.000/orang (wisatawan), 200.000-2.000.000/orang (peneliti/bulan), 15.000-20.000 (camping/hari), 3.000-2.500.000 (Pengambilan Snapshot), 25.000-75.000 (kendaraan air/buah/PK). Daftar ini terbagi menjadi wisatawan/peneliti mancanegara dan nusantara.


Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment