February 28, 2015

Bubur Pedas Makanan Khas Kalimantan Barat

bubur pedas khas kalimantan barat

Bubur pedas merupakan salah satu makanan khas di Kalimantan Barat. Kuliner yang satu ini wajib Anda coba jika berkunjung ke Kalimantan Barat. Tidak sulit untuk menemukan makanan ini, karena tersedia di daerah seperti Pontianak, Sambas, Singkawang, Ketapang, Bengkayang dan Mempawah.

Dahulu bubur pedas hanya disajikan di kalangan kerajaan, dan merupakan cerminan budaya yang kental di kerajaan Melayu Deli. Namun sekarang bubur pedas sudah menjadi makanan seluruh rakyat yang diminati.

Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng dan kaya akan rempah serta sayuran seperti kangkung, pakis, daun kesum , tidak heran jika bubur ini dinilai penuh gizi. Semakin sedap rasanya karena ditambah taburan kacang tanah dan  ikan teri goreng membuat cita rasa semakin komplit.

Walaupun namanya bubur pedas, tetapi sebenarnya rasa asli bubur ini tidaklah pedas. Anda dapat menambahkan sambal terpisah sesuai dengan selera. Bubur Pedas cocok dinikmati sebagai sarapan atau pengganjal perut waktu sore hari ditemani segelas kopi hitam murni hangat.


Artikel Terkait:



No comments:

Post a Comment