May 2, 2013

Eksotika Alam Kalimantan

Alam Kalimantan Barat

Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia setelah Pulau Irian. Pulau yang berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia ini memiliki empat provinsi dan satu tambahan satu provinsi baru pada tahun 2013 ini. Pulau yang dikaruniai berbagai keindahan alam ini merupakan salah satu jantung dunia.

Khusus untuk wilayah Kalimantan Barat masih memiliki hutan tropis yang masih cukup terjaga. Kekayaan hutan ini menyimpan berbagai keindahan alam yang mempesona. Banyak wisata alam sungai yang tersembunyi, masih terjaga. Daerah di pelosok-pelosok hutan menyimpan berbagai keindahan yang menakjubkan. Kita juga dapat merasakan arus-arus sungai dengan ber-arung jeram menyusuri hulu ke hilir.

Selain itu, juga terdapat satwa-satwa endemik yang mulai terancam populasinya Burung Enggang atau Rangkong dan Orang Utan. Mereka merupakan penghuni hutan tropis di daerah Kalimantan. Dengan penjelajahan hutan kita dapat melihat kehidupan mereka secara langsung di habitatnya. Ini sangat asyik untuk petualangan alam liar.

Masih banyak lagi pesona alam yang indah untuk dinikmati di Kalimantan Barat seperti pantai-pantai indah, bangunan bersejarah, wisata keagamaan, dan wisata lainnya. Tapi dengan adanya pembukaan lahan perkebunan sawit di Kalimantan Barat, akan merusak dan mengurangi kealamian habitat para satwa endemik yang terancam punah ini.




Artikel Terkait:



2 comments:

Jokung said...

Memang benar Kalimantan super eksotik (y)

Anonymous said...

Biasa, semua wilayah jg pnya

Post a Comment